Menjaga Kesehatan Mental Orangtua Baru Dalam Merawat Bayi – Kula Kawula, setuju gak belakangan di sosial media kita sering menemukan berita tentang kekerasan terhadap anak? Salah satunya yang terabaru adalah penganiayaan seorang balita speech delay yang disiksa dan akhirnya meninggal dunia ditangan ayah tiri dan ibu nya.

Jujur kami pun sangat miris saat mengetahui berita tersebut, memang menjadi orangtua bukan perkara yang mudah. sebenarnya ada banyak hal yang harusnya dipertimbankan sebelum memiliki anak, tak hanya membicarakan masalah finansial dan rencana pendidikannya kelak bersama pasangan, tapi juga perlu dipersipkan mental yang tebal dalam merawat buah hati. Maka dari itu sangat penting menjaga kesehatan mental orangtua baru dalam merawat bayi.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips berharga tentang bagaimana menjaga kesehatan mental, dalam proses merawat bayi terutama untuk orangtua baru.

1. Tetap Terhubung dengan Pasangan

Komunikasi yang baik dengan pasangan sangat penting. Saling berbagi perasaan, kekhawatiran, dan kelelahan dapat membantu mengurangi beban yang Anda rasakan. Cobalah untuk menyisihkan waktu khusus bersama pasangan, seperti melakukan kencan malam atau sekadar bercengkerama di rumah setelah bayi tertidur.

2. Atur Waktu Istirahat yang Cukup

Merawat bayi dapat menguras energi Anda secara fisik dan mental. Penting untuk menetapkan waktu istirahat yang cukup untuk memulihkan diri. Cobalah tidur atau beristirahat ketika bayi tidur, dan jangan menunda istirahat Anda untuk menyelesaikan tugas-tugas lainnya. Kalau rumah berantakan tapi mom’s lelah tinggalkan saja dulu, minta bantuan pasangan untuk membantu pula pekerjaan rumah ya.

3. Jaga Gaya Hidup Sehat

Makan makanan bergizi, minum air yang cukup, dan berolahraga secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan mental Anda. Olahraga seperti berjalan kaki ringan di komplek rumah atau melakukan latihan yoga di rumah dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan mental Anda.

4. Temukan Waktu untuk Diri Sendiri

Merawat diri sendiri juga penting. Carilah waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai, seperti membaca buku, menonton film, atau pergi ke spa. Menyisihkan waktu untuk diri sendiri dapat membantu Anda merasa lebih segar dan bugar secara mental.

5. Jangan Terlalu Keras pada Diri Sendiri

Jangan terlalu keras pada diri sendiri dan berharap untuk menjadi orangtua yang sempurna. Setiap orangtua baru menghadapi tantangan, dan tidak ada yang melakukan semuanya dengan sempurna. Belajarlah menerima bahwa kadang-kadang terjadi kesalahan atau kegagalan, dan itu wajar. Yang penting adalah Anda melakukan yang terbaik untuk bayi Anda.

Ingatlah bahwa menjaga kesehatan mental orangtua baru dalam merawat bayi adalah langkah penting dalam memberikan perawatan yang terbaik bagi bayi Anda. Dengan menerapkan tips di atas, Anda dapat merasa lebih seimbang, bahagia, dan bugar secara mental.

Nah gimana Kula Kawula? Apa kalian punya cara sendiri agar tetap nyaman dna tidak merasa tertekan dalam merawat tumbuh kembang anak? Boleh share ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *